Kebun teh Vs Pondok turen Malang

Liburan kali ini, saya berkunjung kemalang. Rencana perjalanan adalah kebun teh – turen – pasar lawang.Ada alternatif untuk anda yang biasanya mabuk darat (pusing, mual lalu muntah) jika melewati jalanan yang berbelok-belok, cukup lewat jalur jombang – mojosari – kab. Pasuruan – lawang –malang. Perjalanan cukup lancar dengan jalanan lurus, tapi anda musti sedikit bersabar karena pada pertigaan jalan ke arah porong dan malang macet sekitar 20 menit (jika liburan).

I. KEBUN TEH

Pukul 10.30 rombongan tiba di kebun teh. Cukup menegangkan perjalanan kali ini mengingat jalan yang harus kita tempuh cukup sempit, mendaki (naik turun) dan berkelok. Namun setelah dilalui, pemandangan indah pun terhampar dengan gratis dan cukup meng-ademkan mata.

Tiket masuk?

Cukup membayar Rp 8000,-/orang anda sudah bisa menikmati hamparan kebun teh dan berbagai fasilitasnya. Untuk anda yang membawa rombongan bis,cukup di hitung kumulatif saja, missal 1 bis berisi 50 orang, maka cukup membayar untuk 25 orang saja. Murah dan mudahkan?

Ada apa saja di kebun teh?

1. Rumah/villa

Di sepanjang perjalanan memasuki kawasan kebun teh, anda bisa menemui beberapa rumah/vila yang memang khusus disewakan untuk anda sekeluarga ataupun acara-acara makrab

2. Kebun teh

Anda bisa menyusuri luasnya kebun teh dengan 3 cara, yaitu dengan menggunakan kereta kelinci, kendaraan pribadi atau dengan jalan kaki (tentunya hanya bisa menikmati sebagian kebun saja, mengingat tempat ini sangat luas). Jika anda ingin menggunakan kereta kelinci, anda bisa menyewanya dengan cara daftar terlebih dahulu di bagian kantor wisata agro yang terletak di depan pabrik teh. Yang perlu diketahui, penyewaan kereta kelinci ini mulai pagi hingga jam 2, jika hari jumat penyewaan hanya sampai jam 11 siang saja. Di kebun teh ini, anda bisa banyak melihat para pemetik teh. Selain dapat ngobrol dan bertanya tentang serba serbi cara memetik teh, Anda juga bisa membantu memetik dan diperbolehkan berfoto dengan para pemetik teh ini.

3. Pabrik teh

Untuk bisa melihat pengolahan teh hitam di kebun teh ini, terlebih dahulu anda ke bagian kantor wisata agro untuk membayar administrasi. Untuk rombongan, dikenakan Rp 50.000,- untuk 10 orang pertama, dan selebihnya dikenakan Rp 4000,-/orang. Jika anda berkunjung atas nama pribadi (<10 orang), maka dikenakan Rp 5000,-/orang.

4. Swalayan dan Wisma Rolas

Setelah teh di olah di pabrik, teh yang sudah siap dikemas, dilakukan pengemasan dan kemudian dipasarkan di tempat pemasaran ini, letaknya tidak jauh dari pabrik, yaitu berada di samping pabrik. Untuk teh (bukan teh celup) misalnya, di jual dengan harga Rp 15.000,-

5. Tea resto

Tidak hanya melihat pengolahan teh di pabrik dan membeli teh, anda juga bisa langsung menikmati segarnya dan hangatnya teh di tea resto. Letaknya disamping wisma rolas. Selain teh, juga terdapat berbagai macam makanan yang siap anda nikmati bersama keluarga jika anda tidak sempat membawa bekal untuk sarapan ataupun makan siang.

6. Kolam renang

Pada saat berkunjung ke kebun teh ini, sayang sekali saya tidak sempat mengambil gambar dan kondisi kolam renangnya. Tapi yang jelas, kolam renang ini bisa menjadi alternative anda untuk berenang skalian menikmati udara dingin kebun teh.

7. Lapangan tennis

Pada saat saya berkunjung ke sini, lapangan tennis ini terlihat sepi, mungkin karena waktu saya tiba, jam menunjukkan pukul 11.00 wib, jadi saya pikir, mungkin orang-orang yang tennis biasanya bermain di pagi hari.

8. Masjid

Masjid di kebun teh ini cukup bersih dan terawat, air nya pun bersih dan sangat dingin (segar). Jadi, tidak ada alasan untuk meninggalkan sholatkan?😉

Yak, setelah menjalankan sholat di kebun teh, saya dan rombongan pun ke tempat tujuan kedua, yaitu pondok turen. Untuk anda yang belum pernah mendengar nama pondok ini mungkin merasa sedikit agak aneh, wisata ko ke pondok?mang mau ngaji?xixixi. jangan salah, menurut saya pondok ini merupakan satu-satunya pondok di jawa timur, bahkan mungkin diIndonesiayang arsitektur nya sangat khas, unik dan indah. Langsung saja, cekidot!

II. PONDOK TUREN

Dari kebun teh, membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk bisa sampai ke pondok ini. Apa yang membuat saya ingin berkunjung ke pondok ini? Santer terdengar bahwa pembangunan pondok ini dilakukan oleh bukan manusia, dikarenakan pembangunan nya malam hari dan santri-santri nya pun tidak terlihat. Terbukti dari tidak ada nya santri ataupun santriwati yang terlihat pada saat pengunjung mengunjungi pondok tersebut. Tapi kembali lagi, hanya Allah yang tahu akan kebenarannya.

Welcome to pondok turen

keterangan :

1)      Baru saja melihat dari luarnya, saya sudah terkesima, subhanallah, ko bisa semegah dan sebagus ini ya?? #mikir. Setelah saya ndulit pegang dinding pintu masuk pengunjung ini, ternyata berlapis keramik tebal, entah apa itu namanya saya kurang begitu memahami..yang jelas, indah!

2)      coba tebak apa yang sedang saya pikirkan ketika memotret gambar ini? Ya. Butuh berapa duit dan dari mana duit nya bisa membangun ini semua. Ini baru pintu masuk pengunjung, belum masuk ke dalam pondoknya. Wuah..

3)      Ini adalah bagian informasi, di dalamnya terdapat 1 orang yang khusus menangani pengunjung yang ingin masuk ke dalam pondok, membutuhkan pemandu dll. Ketika anda memasuki wilayah pondok, bagian informasi akan menanyakan berapa orang yang kita bawa untuk masuk ke pondok ini.

Perlu diketahui, untuk masuk pondok ini tidak dipungut biaya sedikitpun, parkir pun tidak bayar (klo untuk mobil, motor dan diparkir di dalam kawasan pondok). Begitu juga dengan pemandu, mereka tidak meminta dan menyebutkan harga sewa pemandu. Jika bus di parker di luar, biaya parkeir sebesar Rp 15.000,-. Jangan heran jika sekitar kawasan pondok banyak yang berjualan kresek (tas plastic, asoy, red), karena untuk masuk ke dalam pondok ini, sandal, sepatu, alas kaki musti di lepas.

Attention

Berikut beberapa attention yang saya abadikan, ada beberapa yang membuat saya penasaran dan bertanya-tanya sendiri.

nah yang ini ni, ‘lebih baik diam’…yang membuat saya bertanya-tanya, ada beberapa attention ini yang dipasang di tempat yang tidak ada lampu alias gelap. Lalu?jadi merinding sendiri saya, meskipun saya tidak terlalu mau untuk mengekspose ekspresi penasaran saya.

Apa sebenarnya nama pondok ini?

Nama                               : pondok pesantren salafiyah bihaaru bahri ‘asali fadlaailir rahmah

Nama beken                  : pondok turen malang

Berdiri                             : tahun 1978

Dibangun bertahap    :  mulai tahun 1987.

Jumlah santri               : 250 (santri dan santriwati), beragam, ada yang masih kecil, dewasa dan sudah bekerja.

Status kepemilikan    : K.H. Achmad (wafat), dan kini tinggal bu nyai yang masih ada.

Jumlah lantai              : 9

Subhanallah, dasar pembangunan ini berdasarkan fungsi rohani. Menurut keterangan pemandu, inisiatif pembangunan pondok ini diperoleh pak kyai setelah sholat istikharoh, dan dengan prinsip pendanaan yang tidak minta-minta ataupun hutang. Dan yang paling penting tidak tomak. Subhanallah, memang semua kembali kepada Tuhan, kita tidak pernah tau, dari mana dana tersebut diperoleh untuk membangun pondok semegah ini. Sayang seribu sayang, saya tidak punya kamera canggih yang dapat mengabadikan megahnya bangunan pondok ini. Insya Allah lain waktu, akan saya share foto-foto nya.

1)      hampir di setiap lantai beratap seperti gambar di atas. Menakjubkan bukan. Belum lagi lantai nya yang terbuat dari marmer asli, dan saya lihat, potongannya sangat lah lebar, tidak seperti potongan keramik yang ramai di jual di pasaran. Dan saya kembali tercengang.

2)      Ini adalah kawasan ndalem, atau tempat bu nyai dan pak kyai tinggal. Lengkap dengan kamar mandi yang lux, adem, asri dan sangat nyaman dengan beberapa tanaman di dalamnya

3)      Salah satu dinding dalam pondok yang paling banyak diabadikan oleh pengunjung, karena sangat indah sekali dan megah. Dinding berlafalkan alquran ini berwarna kuning keemasan dengan background terbuat dari keramik. Subhanallah!

Market dalam pondok 

1)      Market ini terletak di lantai 7. sebelum sampai di market ini, saya di kejutkan dengan pamandangan mirip gapura yang tidak lain juga terbuat dari keramik. Tempat ini juga ramai sebagai tempat berfoto-foto oleh pengunjung. Yang paling penting, jangan gaduh, dan jangan membuat kegaduhan.

2)       Murah meriah, Rp 10.000 dapet 4 bungkus, apa saja terserah kita.Adatape, kripik, dan jenis makanan ringan lainnya. Jika anda haus, ada es buah dan es campur di samping market ini, saya cukup merogoh kocek Rp 3000,- saja untuk menyingkirkan rasa lelah dan haus saya, murah, barokah. Hehe. O iya, ketika anda memasuki market, anda tidak diperbolehkan untuk membawa makanan atau makan di dalam market, karena sudah disediakan tempat tersendiri untuk makan dan minum, yaitu diluar market yang tidak lain adalah di depan sebut saja pasar mini (gambar diatas).

PASAR LAWANG

Sepulang dari 2 tempat wisata tersebut diatas, saya dan rombongan mampir ke pasar lawang, sekitar 2 jam dari pondok turen.Hoho, kembali ke kodrat sebagai wanita, belanja untuk keperluan masak memasak. hoho. Mata saya menjadi segar kembali, karena banyak hamparan sayur mayur dan buah-buahan berwarna warni dan masih sangat segar di sini.

Kesan road to malang 1 ini, capek, penasaran, lega dan senang. Mungkin anda sudah tau, di bagian mana yang bisa memunculkan dari setiap ekspresi tersebut. Hoho. Happy holiday!

6 thoughts on “Kebun teh Vs Pondok turen Malang

  1. Salam..

    Saya berminat nak mencari orang dari Kecamatan Turen,Malang untuk bekerja dikebun sayuran.di kedah, Malaysia.
    Kalau ada berminat sila maklum kepada saya.

  2. Kalau dibandingkan antara pengalaman berkunjung ke kebun teh dg di pondok pesantren Bihari di turen Malang ini tentunya pengalaman kekayaan batin lebih banyak dpt ditemukan di pondok masjid ajaib turen ini. Disamping ada kepuasan jasmani krn kita bisa beristirahat sejenak untuk melepaskan lelah (dlm mengarungi /menjalani hidup ini) sambil menikmati makanan dan minuman yg harganya sangat terjangkau atau membeli oleh2 yg cukup murah bagi kantong yg pas2an, tetapi juga mendapatkan kepuasan hati/batin krn bisa melihat pemandangan bangunan2 yg menakjubkan sepertinya kta berada di awang2 (langit) atau di taman2 istana dewa-dewi di kahyangan.
    Kadang kami berpikir dan merenung bukankah ini seperti taman surga firdaus yg turun di bumi turen, makanya banyak yg bilang …ini masjid ajaib tiban yg dibangun dlm waktu semalam oleh para jin ….
    krn banyak org yg tdk mengetahui kapan dibangunnya, namun tiba2 muncul dari dlm bumi.
    Betapa eloknya engkau wahai pondok pesantren mesjid ajaib turen…., bagiku engkau seumpama seorang puteri yg cantik jelita ataupun seorang dewi/bidadari yg turun dari kahyangan. Engkau membuat penduduk bumi sangat terkejut dan terkesima demi melihat kecantikanmu…… makanya banyak yg jatuh hati kpdmu.
    Kita semua mengetahui bhw semua masjid yg ada di dunia ini adalah Bait Allah/Rumah Allah, semuanya kepunyaan Allah…… ;mk keberaradaanmu di bumi turen ini tentunya juga atas seizin Allah atau
    atas kehendak Allah.,,,,Subhanallah
    Ataukah Tuhan telah mengirim sinyal kpd kita supaya kita semua bangun dari tidur/terlena ….(dlm kehidupan duniawi shg lupa akan kehidupan ukhrowi/akherat), dan lihatlah…. ber-siap2lah untuk menyongsong hari yg depan esok yg gemilang penuh harapan….., sbgmn firman Allah: ‘Hai org yg berkemul/ tidur….., (dlm arti berselimut/ berselubung dlm duka nestapa, sakit penyakit, lapar-haus/kemiskian, buta huruf…dst) bangunlah bersihkan pakaianmu….(dan terpenting juga hatimu atau sunatlah kulit khatan hatimu) dan besarkanlah nama Tuhanmu …….dst
    Wahai pondokku… kiranya engkau memang dipakai Tuhan sbg tanda2/ayat2 kekuasaan Allah bhw dari ujung bumi turen Malang di negeri Indonesia ini telah tumbuh tunas pohon anggur atau kebun anggur atau gambaran (tunas) kerajaan nabi Daud dan nabi Sulaiman, raja yg sangat adil dan bijaksana/berhikmah sbg kholifah yg tersohor di muka bumi shg negeri/kerajaannya menjadi aman sentosa makmur sejahtera…..
    Wallahu alam, hanya Tuhan yg Maha Mengetahui.

  3. Pondok pesantren ajaib Turen nan cantik dan permai ini masuk melalui jln yg tdk lebar yg hanya bisa dilalui 1 kendaraan mobil bis sj yg disebut Gang Agggur; memang di sini dipenuhi dg ukiran pahatan hiasan dinding pohon2 anggur dg buah2nya yg besar dan ranum yg menggambarkan akan kesuburan kebun anggur tsb.
    Allah menjadikan perumpamaan tanaman anggur adalah melambangkan atau diqiyaskan kpd anak cucu keturunan Nabi Ibrahim/Abraham dg Ibu Sara yg amat cantik dan berkulit putih yg melahirkan anak kandungnya yg bernama Ishak dan cucunya yg bernama Ya’qub (Israel) yg menurunkan 12 org suku bani Israel yg salah satunya bernama Yusuf; dmn para nabi dan rasul banyak diangkat Allah dari keturunan Bani Israel ini.
    Sedangkan keturunan Nabi Ibrahim dg Ibu Hajar/Hagar yg cantik manis berkulit hitam dmn ia adalah hamba sahanya berasal dari Mesir yg melahirkan Ismael yg kmd mrk ditempatkan di Mekah negeri Arabia yg kini menjadi kiblat bg org2 muslim/Islam sedunia.
    Kelihatannya Tuhan senang membuat perumpamaan2 dmn org2 Arab ini spt pohon2/kebun korma krn di daerahnya yg berupa padang pasir banyak tumbuh pohon2 korma ini shg penduduknya biasa makan buah korma ini.
    Jadi sebenarnya itulah karunia Allah yg berupa kebun2 anggur yg dilambangkan atau diqiyaskan utk bani Israel (Yahudi & Kristen) dan kebun2 korma sbg perlambang (qiyasan) utk bani Arab atau anak keturunan Ismael (Islam)
    Semestinya/sepatutnya semua anak cucu Ibrahim/Abraham dari dua sumber ibu ini menyadari dan memahami bhw kita semua adalah umat2 Allah atau hamba2 Allah Tuhan semesta alam, Tuhan yg menjadikan langit bumi matahari bulan bintang2 hutan2/pohon2 sungai2 manusia binatang2/dabbah…. semuanya sujud/menyembah kpd Allah Tuhan semesta alam, Allah Abraham/Ibrahim, Allah Ismael, Allah Ishak, Allah Yakub/Israel, Allah Yusuf, Allah/Tuhan/Robbi Musa, Tuhan Isa/Yesus, Allah Muhammad……dst.
    Kadang Allah suka menggelari atau menyebut Nabi Ibrahim ini dg ‘kekasih Allah’ atau ‘khalilullah’ atau org yg dekat dg Allah (muqorrabin); dmk juga para rabi Yahudi menyebut dirinya sbg ‘kekasih2 Allah’; sedangkan utk org2 Kristen/Nasrani Allah sering menyebut atau menggelari mrk dg ‘anak2 Tuhan’ atau ‘anak2 Allah’ krn begitu sayangnya Tuhan Allah kpd umatNya yg bertakwa kpdNya shg diibaratkan/diumpamakan sayangnya Dia spt sayangnya bapak kpd anak2nya…..; mk pujilah Tuhan dan pujilah Allah…(Alhamdulillah)
    Kmd bg umat Islam seringkali Allah menyebut ‘umat-Ku’ atau ‘hamba-Ku’ krn kita semua memang bisa dimasukkan menjadi umat2Nya dan hamba2Nya ataupun disebut sbg ‘keluarga Allah’ kalau kita semua memang menuruti perintah2Nya dan menjauhi larangan2Nya shg kita diizinkan untuk memasuki sorgaNya yg besarnya seluas kerajaan langit dan bumi. Subhanallah
    Maka marilah kita membersihkan hati masing2 memohon ampun kpd Allah Tuhan semesta alam dan berzikir/merenung layakkah kita ini mendekat kpdNya utk memasuki surgaNya yg seluas langit dan bumi itu kalau pakaian kita tetap kotor dan kurang bersih (hal ini melambangkan akan kedalaman hati kita dlm beragama) yakni tetap dg berpakaian kekerasan kebohongan iri dengki tomak merasa benar sendiri….dst
    Marilah kita berhijrah atau berpindah dari perbuatan2 yg kurang baik/kejahatan menjadi pribadi2 yg luhur sopan santun mulia dan bijaksana/berhikmah
    Mari bangunlah… dan bergantilah… dan bersihkanlah pakaianmu….tanggalkan berperilaku buruk untuk menjadi org yg berperilaku yg baik …; dan berpakaian pesta dg perhiasan yg indah2, sutera yg melambangkan kelemahlembutan budipekerti yg luhur/halus, lenan putih berarti tanda kesucian/ kebersihan hati, berikat pinggan dari emas perlambang kemuliaan, dan berjubah keadilan …….dst dg memakai harum2an/wangi2an yg disukai Tuhan Allah semesta alam.
    Sebaliknya tanggalkan pakaian2 kedustaan kemunafikan keserakahan berkalungkan rantai besi tanda kekerasan kesombongan ….dst yg mendatangkan kemurkaan Tuhan shg kita semua berselubungkan dg kegelapan kemiskinan diterjang angin topan badai banjir…..dst Astagfirullahaladziiiiiim
    Ya Allah Tuhan semesta alam, berikanlah kpd kami siraman aliran air hikmah yg suci shg kami bisa mendapatkan air siraman rohani yg bisa membuka hati mata dan telinga kami shg kami kami bisa melihat dan mendengar serta memahami firman2 ayat2 tanda2 kiasan2 perumpamaan2 ….dst dari-MU amin

  4. Kalau dlm Alkitab Allah memberi perumpamaan kpd anak cucu Abraham/Ibrahim dari grs keturunan Ishak dan Yakub ini dg sebutan ungkapan tanaman pohon2 anggur/kebun anggur kesukaan Tuhan jk mrk dpt menghasilkan buah anggur yg manis, sdgkn kalau menghasilkan buah yg kecut atau masam mk pohon anggur itu akan dibuang oleh Allah krn tiada berguna lagi dan carang2nya akan dibakar.
    Pada bulan Juli 2013 yg lalu saya berkunjung ke makam Bapa Abraham/Ibrahim dan Ibu Sara yg ditempatkan di kota Hebron Yerusalem, dmn makam/kubur beliau berdua bersama Ibu Sara, dan puteranya Ishak dan isterinya Ribka dg anaknya Yakub dan isterinya Rebekah bisa kita kunjungi di sana di dlm gua mahpela; dan sekarang menjadi Masjid Ibrahim (Al Haram Ibrahimi) yg disekat menjadi dua bagian, sebagian menjadi tempat salat dan berdoa bg umat Islam, dan sebagian lagi tempat berdoa bg umat Yahudi dan Nasrani/Kristen sedangkan penyebarananak cucu Ibu Sara ini ke Eropa yg berhawa dingin/bersalju dmn org2 berkulit putih bertempat tinggal banyak dijumpai kebun2 anggur dg hasil2 olahannya yg terkenal terutama anggur Perancis yg sangat mahal harganya.
    Sedangkan perumpamaan pohon2 kebun korma diibaratkan kpd anak keturunan Ibrahim dan Ismael; yg ditempatkan di padang pasir yg berhawa panas atau di dunia timur yg banyak disinari matahari,shg kita memerlukan aliran air kolam danau ataupun sungai yg bersih utk minum utk menghilangkan haus dan membersihkan/mensucikan dari debu2 kotoran yg menempel di badan.
    Sedangkan aliran sungai air anggur yg mengalir di dunia barat atau yg dihasilkan oleh org2 barat memang sangat diperlukan bg mrk utk menghangatkan badan krn ketika musim dingin yg bersalju mrk perlu minum anggur untuk menghangatkan badannya, hal ini pernah kualami betapa sangat dinginnya ketika berkunjung ke negeri2 di Eropa pada musim dingin/salju pd bln desember 2005 .
    Perlu diketahui di surga ada 4 aliran sungai yg bisa diminum oleh penghuni surga yakni sungai air yg bening, sungai susu, sungai madu, dan sungai anggur (khamr) namun sdh tdk memabukkan lagi krn di sorga tdk ada barang2 atau hal2 yg najis/kotor yg bisa masuk ke dlmnya; kata2 yg ada adalah saling ber-salam2an semuanya bersaudara dan dicabut semua dendam yg ada dlm dada/hati manusia.
    Semua karunia Tuhan ini hrs kita syukuri dan kita pahami krn Allah memberikan rezeki karuniaNya yg ber-beda2 disesuaikan dg keadaan iklim kaumnya di kota atau negerinya masing2.
    Bukankah Ibrahim/Abraham berdoa agar anak cucunya diberi rezeki dari buah2an yg banyak supaya tdk kelaparan dan kehausan….?
    Oleh krn itu kadang saya berpikir apakah pondok pesantren mesjid ajaib turen yg berada di jln Gang Anggur ini mrp lukisan/gambaran atau qiyasan bg anak cucu Ibrahim dari grs keturunan Ishak Yakub dmn kebun anggur tsb ketika menghasilkan buah yg asam lalu dibuang Allah ke ujung bumi, dan sekarang ini mulai ditumbuhkan kembali tunasnya sbgmn tunas Daud atau pondok Daud untuk dijadikan model/contoh negeri yg aman dan permai di muka bumi…. ? Wallahu alam, hanyalah Tuhan Yg Maha Mengetahui.
    Kadang Allah menyebut dlm Alkitab utk penduduk Yerusalem atau Sion kota Daud itu dg puteri Sion atau puteri Yerusalem. Sebagaimana Allah menyebut org2/penduduk di gurun padang pasir Arab dg puteri Arabia, puteri Mesir, puteri Tirus, puteri Sidon…..dst mk dmk juga tentunya dg puteri Indonesia utk org2 penduduk Indonesia.
    Mk dr itu kita tak perlu mempersoalkan ttg perbedaan2 karunia Allah yg tlh dianugerahkan kpd msg2 umatNya; baik itu moslem maupun non muslim atau baik itu penganut Islam Kristen Yahudi…. dst krn msg2 org2 benar/suci itu diibaratkan spt bintang2 yg bercahaya utk menerangi umatnya msg2, mrk mempunyai grs/jln edarnya (risalah)nya sendiri2 shg tak mungkin bertabrakan krn msg2 punya jln sendiri2 utk mendekatkan diri kpd Tuhannya disesuaikan risalah agama yg tlh diberikan Allah kpd nabi2/rasul2 dan org2 suciNya.
    Mk dr itu di pondok pesantren mesjid turen yg ajaib ini, diperkenalkan Allah cara hidup dan bergaul yg harmonis antara umat2 Tuhan Allah dari ber-bagai2 bangsa suku agama bahasa di dunia sepertinya Tuhan memberikan sebuah model atau contoh bgmn semua umat Tuhan Allah Abraham/Ibrahim ini dpt bersatu dan berkumpul utk bersyukur berdoa menyanyikan lagu mazmur dg tarian lagu yg nyaring lagu yg merdu diiringi alat2 musik gitar gambus kendang seruling….dst yg merdu; utk membangunkan dunia yg kepanasan dan hampir mati kehausan dan kepanasan ini untuk dihidupkan lagi dan dihijaukan lagi agar semua makhlukNya bisa sama2 bernyanyi riang gembira krn buminya menghasilkan buah2 panenan yg berlimpah juga langitnya telah membuka pintu rahmatNya dan berkatNya utk menghidupkan dan menghijaukan bumiNya lagi shg damai sejahtera memenuhi langit dan bumi. Amin.

  5. Pd zaman skrg ini banyak bencana2 yg menimpa bumi ibu pertiwi atau puteri Indonesia maupun di belahan bumi yg lainnya: gunung yg meletus, hujan yg membanjir, sungai2 yg meluap, angin puting beliung yg menerjang, laut yg meluap melewati grs pantai pasir, bumi/tanah retak atau gempa bumi, kebakaran hutan, …..dst yg menyebabkan sakit penyakit kelaparan dan kehausan pd manusia dan makhlukNya .
    Sesungguhnya semua ini mrp teguran/ajaran dari Allah bhw kita hrs bertobat dan kembali berserah diri dan ingat kpd-Nya dg memperbaiki tingkah langkah kita atau membersihkan hati kita dari segala macam kekotoran/kejahatan yg menghiasi hidup kita berupa tomak/ serakah suap korupsi iri hati dengki sombong merasa benar sendiri,……dst
    Berbahagialah kita tlh mempunyai Pondok Pesantren Ajaib Turen yg aman damai bagi siapa saja yg berkunjung bersilaturahmi di sana baik itu muslim maupun non muslim semuanya diijinkan masuk utk menikmati pemandangan yg sangat bagus,… kadang kita spt masuk ke kerajaan/istana dg taman2nya yg indah, bangunan2nya yg anggun perkasa, kubah2nya yg permai, dihiasi dg ornamen2 kaligrafi huruf2 Arab yg sangat unik nan cantik, kita spt masuk ke taman2 dewa ataupun surga taman2 Tuhan.
    Utk bisa memahami kenapa Tuhan menghadiahi kpd Romo Kyai Ahmad Pondok Pesantren yg sangat permai ini tentunya diperlukan kebersihan/kesucian dan ketulusan hati agar bisa mengerti dan mengambil sarimadu hikmahnya.
    Sebagaimana nama “Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah” yg maknanya “Segarane, Segara, Madune, Fadhole Rohmat” ; bukankah ini sbg kata2 kiasan dan sbg lambang/simbol adanya lautan madu sbg misal/amsal atau perumpamaan bhw ayat2/firman2 Allah itu manis bagaikan madu dan bisa menjadi obat penyakit2 hati di dlm dada (dengki iri hati tomak sombong….dll).
    Baik itu Alkitab/Kitab Alqur’an sbg nur/cahaya terang bagi umat Islam di dunia timur, Kitab Taurat sbg nur/cahaya/terang bagi umat Yahudi di dunia utara dan selatan, Kitab Injil sbg nur/cahaya/terang bagi umat Nasrani bagi dunia barat, nyanyian2 Kitab Mazmur Nabi Daud dan kitab2 suci para nabi/rasul dan org2 suciNya,…. kesemuanya sbg nur/cahaya terang bg umat2NYA di seluruh penjuru dunia dan seluruh alam semesta.
    Di Pondok Pesantren Ajaib Turen ini sepertinya kita diajari utk mencintai dan mengasihi semua makhlukNya, tdk boleh menyakiti, berprasangka buruk (su’udhon), melarang berbuat yg mungkar, selalu berzikir/ingat kpd Allah, takutlah kpd Dia dan menjauhi kejahatan (larangan2Nya) agar selamat di dunia dan di akherat. Puji Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s